Contoh Soal Kelas 2 SD Tema 5 Subtema 4: Pengalamanku di Tempat Wisata

Contoh Soal Kelas 2 SD Tema 5 Subtema 4: Pengalamanku di Tempat Wisata

Contoh Soal Kelas 2 SD Tema 5 Subtema 4: Pengalamanku di Tempat Wisata

Pendahuluan:

Tema 5 kelas 2 SD membahas tentang Pengalamanku. Subtema 4, khususnya, berfokus pada "Pengalamanku di Tempat Wisata." Subtema ini mengajak siswa untuk mengingat, menceritakan, dan memahami pengalaman mereka saat berkunjung ke tempat wisata. Melalui berbagai kegiatan, siswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berbahasa, matematika dasar, dan pemahaman tentang lingkungan sekitar.

Artikel ini akan menyajikan contoh soal yang relevan dengan materi subtema 4, mencakup berbagai aspek pembelajaran, dan dirancang untuk membantu siswa kelas 2 SD dalam memahami konsep-konsep penting. Soal-soal ini mencakup mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan PPKn, serta disesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa kelas 2 SD.

Contoh Soal Kelas 2 SD Tema 5 Subtema 4: Pengalamanku di Tempat Wisata

I. Bahasa Indonesia:

Bagian ini menguji kemampuan siswa dalam memahami teks deskriptif, mengidentifikasi informasi penting, dan menyusun kalimat sederhana.

A. Membaca dan Memahami Teks:

Soal 1:

Bacalah teks berikut dengan saksama:

"Minggu lalu, aku pergi berlibur ke Kebun Binatang Ragunan. Aku pergi bersama keluarga. Di sana, aku melihat banyak sekali hewan. Ada gajah yang besar, jerapah yang tinggi, dan monyet yang lucu. Aku juga melihat singa yang sedang tidur. Aku sangat senang bisa melihat hewan-hewan itu secara langsung. Setelah berkeliling, kami makan siang di bawah pohon rindang. Udara di sana sangat sejuk. Aku berjanji akan kembali lagi ke Kebun Binatang Ragunan."

Pertanyaan:

  1. Ke mana tokoh "aku" pergi berlibur?
    a. Pantai
    b. Gunung
    c. Kebun Binatang Ragunan
    d. Rumah Nenek

  2. Bersama siapa tokoh "aku" pergi berlibur?
    a. Teman
    b. Guru
    c. Keluarga
    d. Tetangga

  3. Hewan apa saja yang dilihat tokoh "aku" di Kebun Binatang Ragunan? (Sebutkan minimal 3)

  4. Di mana mereka makan siang?
    a. Di dalam restoran
    b. Di bawah pohon rindang
    c. Di dekat kandang singa
    d. Di atas mobil

  5. Bagaimana perasaan tokoh "aku" setelah pergi ke Kebun Binatang Ragunan?
    a. Sedih
    b. Marah
    c. Senang
    d. Bosan

Kunci Jawaban:

  1. c. Kebun Binatang Ragunan
  2. c. Keluarga
  3. Gajah, Jerapah, Monyet (jawaban lain yang sesuai dapat diterima)
  4. b. Di bawah pohon rindang
  5. c. Senang

Soal 2:

Bacalah teks berikut dengan saksama:

"Pantai Parangtritis sangat indah. Ombaknya besar dan kuat. Pasirnya berwarna hitam. Banyak pengunjung datang untuk bermain pasir dan melihat matahari terbenam. Di sana juga ada delman yang bisa dinaiki. Aku suka sekali bermain di Pantai Parangtritis."

Pertanyaan:

  1. Di mana lokasi pantai yang diceritakan dalam teks?
    a. Pantai Kuta
    b. Pantai Parangtritis
    c. Pantai Ancol
    d. Pantai Losari

  2. Bagaimana warna pasir di pantai tersebut?
    a. Putih
    b. Kuning
    c. Hitam
    d. Merah

  3. Apa saja yang bisa dilakukan pengunjung di pantai tersebut? (Sebutkan minimal 2)

  4. Apa yang disukai tokoh "aku" dari pantai tersebut?

Kunci Jawaban:

  1. b. Pantai Parangtritis
  2. c. Hitam
  3. Bermain pasir, melihat matahari terbenam, naik delman (jawaban lain yang sesuai dapat diterima)
  4. Bermain di Pantai Parangtritis (atau jawaban lain yang relevan)

B. Melengkapi Kalimat:

Soal 3:

Lengkapilah kalimat berikut dengan kata yang tepat:

  1. Saat berlibur, kita harus menjaga ____ agar tetap bersih.
  2. Aku membeli ____ sebagai kenang-kenangan dari tempat wisata.
  3. Pemandangan gunung sangat ____ dan menenangkan.
  4. Di kebun binatang, aku melihat ____ sedang makan pisang.
  5. Aku sangat ____ bisa berlibur bersama keluarga.

Pilihan Kata:

  • Monyet
  • Senang
  • Lingkungan
  • Cenderamata
  • Indah

Kunci Jawaban:

  1. Lingkungan
  2. Cenderamata
  3. Indah
  4. Monyet
  5. Senang

C. Menulis Kalimat Sederhana:

Soal 4:

Buatlah kalimat sederhana berdasarkan gambar berikut: (Gambar menunjukkan anak-anak bermain di pantai)

(Jawaban: Contoh: Anak-anak bermain pasir di pantai. Mereka terlihat sangat senang.)

Soal 5:

Buatlah kalimat sederhana tentang pengalamanmu saat berlibur ke tempat wisata.

(Jawaban: Contoh: Aku pergi ke taman bermain dan bermain ayunan.)

II. Matematika:

Bagian ini menguji kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari di tempat wisata.

Soal 6:

Ibu membeli 15 buah apel di pasar oleh-oleh. Ayah membeli 12 buah jeruk. Berapa jumlah buah yang dibeli ibu dan ayah?

Penyelesaian:

15 + 12 = …

Kunci Jawaban:

27

Soal 7:

Ani membeli 20 lembar kartu pos. Dia memberikan 8 lembar kepada teman-temannya. Berapa lembar kartu pos yang tersisa?

Penyelesaian:

20 – 8 = …

Kunci Jawaban:

12

Soal 8:

Harga tiket masuk ke museum adalah Rp 5.000,- per orang. Jika ayah, ibu, dan aku pergi ke museum, berapa total biaya tiket masuk?

Penyelesaian:

Rp 5.000 + Rp 5.000 + Rp 5.000 = …

Kunci Jawaban:

Rp 15.000

Soal 9:

Di toko souvenir, harga sebuah gantungan kunci adalah Rp 2.000,-. Jika aku membeli 4 buah gantungan kunci, berapa uang yang harus aku bayar?

Penyelesaian:

Rp 2.000 x 4 = …

Kunci Jawaban:

Rp 8.000

Soal 10:

Budi mengumpulkan 35 kerang di pantai. Rina mengumpulkan 21 kerang. Berapa selisih jumlah kerang yang dikumpulkan Budi dan Rina?

Penyelesaian:

35 – 21 = …

Kunci Jawaban:

14

III. PPKn:

Bagian ini menguji pemahaman siswa tentang aturan dan tata tertib di tempat wisata, serta pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Soal 11:

Sebutkan 3 contoh aturan yang harus ditaati saat berada di tempat wisata!

(Jawaban: Contoh: Tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak tanaman, menjaga ketertiban.)

Soal 12:

Mengapa kita harus menjaga kebersihan di tempat wisata?

(Jawaban: Agar tempat wisata tetap bersih dan nyaman untuk dikunjungi, menjaga kesehatan, melestarikan lingkungan.)

Soal 13:

Apa yang harus kamu lakukan jika melihat seseorang membuang sampah sembarangan di tempat wisata?

(Jawaban: Menegur dengan sopan, mengingatkan untuk membuang sampah pada tempatnya.)

Soal 14:

Mengapa kita tidak boleh merusak tanaman atau mencoret-coret dinding di tempat wisata?

(Jawaban: Karena merusak keindahan tempat wisata, merugikan orang lain, melanggar aturan.)

Soal 15:

Sebutkan 3 contoh sikap yang baik saat berkunjung ke tempat wisata!

(Jawaban: Contoh: Ramah, sopan, menghormati pengunjung lain.)

Kesimpulan:

Contoh soal di atas mencakup berbagai aspek pembelajaran dalam subtema 4 tema 5 kelas 2 SD. Soal-soal ini dirancang untuk membantu siswa memahami materi pelajaran dengan lebih baik dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berlatih mengerjakan soal-soal ini, siswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa, matematika dasar, dan pemahaman tentang pentingnya menjaga lingkungan. Guru dan orang tua dapat menggunakan contoh soal ini sebagai bahan evaluasi dan latihan tambahan bagi siswa. Penting untuk diingat bahwa pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif akan membantu siswa memahami konsep-konsep penting dengan lebih efektif.

admin
https://stakna.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *