Contoh Soal Tematik Kelas 4 SD Tema 2: Selalu Berhemat Energi

Contoh Soal Tematik Kelas 4 SD Tema 2: Selalu Berhemat Energi

Contoh Soal Tematik Kelas 4 SD Tema 2: Selalu Berhemat Energi

Tema 2 kelas 4 SD, "Selalu Berhemat Energi," mengajak siswa untuk memahami pentingnya energi dalam kehidupan sehari-hari, sumber-sumber energi yang ada, cara menghemat energi, serta dampak penggunaan energi bagi lingkungan. Melalui tema ini, siswa diharapkan dapat mengembangkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan berperilaku hemat energi dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel ini akan menyajikan contoh soal tematik yang mencakup berbagai mata pelajaran yang terintegrasi dalam tema 2, seperti Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PPKn. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa terhadap konsep-konsep kunci dalam tema 2, serta kemampuan mereka dalam menerapkan konsep-konsep tersebut dalam situasi nyata.

A. Bahasa Indonesia

Contoh Soal Tematik Kelas 4 SD Tema 2: Selalu Berhemat Energi

  1. Membaca dan Memahami Teks

    Bacalah teks berikut dengan saksama!

    "Matahari adalah sumber energi utama bagi kehidupan di Bumi. Energi matahari dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk melakukan fotosintesis, proses pembuatan makanan. Hewan dan manusia mendapatkan energi dari tumbuhan dan hewan lain. Selain sebagai sumber energi, matahari juga berperan penting dalam mengatur iklim dan cuaca di Bumi. Tanpa matahari, Bumi akan menjadi gelap dan dingin, sehingga tidak ada kehidupan."

    a. Apa sumber energi utama bagi kehidupan di Bumi?
    b. Bagaimana tumbuhan memanfaatkan energi matahari?
    c. Mengapa matahari penting bagi iklim dan cuaca di Bumi?
    d. Apa yang akan terjadi jika tidak ada matahari?
    e. Tuliskan ide pokok dari paragraf di atas!

  2. Menulis dan Mengembangkan Ide

    Tuliskan sebuah cerita pendek tentang pengalamanmu dalam menghemat energi di rumah atau di sekolah! Cerita tersebut harus mengandung unsur-unsur berikut:

    • Tokoh
    • Latar
    • Permasalahan
    • Penyelesaian
    • Pesan moral
  3. Kosakata dan Ungkapan

    Lengkapilah kalimat berikut dengan kata yang tepat!

    a. Kita harus menggunakan energi secara …, agar tidak cepat habis. (boros/hemat)
    b. … adalah proses pembuatan makanan pada tumbuhan dengan bantuan energi matahari. (Fotosintesis/Respirasi)
    c. Energi … dapat diperbarui dan tidak akan habis. (fosil/alternatif)
    d. Kita harus … lampu jika tidak digunakan. (menyalakan/mematikan)
    e. … adalah sumber energi yang berasal dari dalam Bumi. (Matahari/Panas Bumi)

READ  Mengasah Kreativitas dan Pemahaman Seni: Contoh Soal SBdP Kelas 4 Semester 2 dan Pembahasannya

B. Matematika

  1. Pengukuran dan Satuan

    a. Sebutkan satuan yang tepat untuk mengukur:

    *   Panjang sebuah buku
    *   Berat sebuah apel
    *   Waktu menyala lampu
    *   Luas sebuah ruangan

    b. Ubahlah satuan berikut:

    *   2 meter = ... centimeter
    *   5 kilogram = ... gram
    *   1 jam = ... menit
    *   1 liter = ... mililiter
  2. Operasi Hitung

    a. Sebuah keluarga menggunakan 100 kWh energi listrik setiap bulan. Jika harga per kWh adalah Rp 1.500, berapa biaya yang harus dibayar keluarga tersebut setiap bulan?
    b. Sebuah sekolah memiliki 20 kelas. Setiap kelas memiliki 5 lampu. Jika setiap lampu menggunakan 40 watt dan menyala selama 6 jam setiap hari, berapa total energi yang digunakan sekolah tersebut dalam sehari?
    c. Seorang petani memiliki lahan seluas 2 hektar. Setengah dari lahan tersebut ditanami padi, seperempat ditanami jagung, dan sisanya ditanami sayuran. Berapa luas lahan yang ditanami sayuran?

  3. Pecahan

    a. Ibu memotong sebuah kue menjadi 8 bagian sama besar. Andi memakan 2 potong kue. Berapa bagian kue yang dimakan Andi?
    b. Sebuah botol berisi 1 liter air. Setengah dari air tersebut diminum oleh Ani. Berapa liter air yang tersisa di dalam botol?
    c. Tentukan hasil dari: 1/4 + 2/4 = …

C. IPA

  1. Sumber Energi

    a. Sebutkan 5 contoh sumber energi yang dapat diperbarui!
    b. Sebutkan 3 contoh sumber energi yang tidak dapat diperbarui!
    c. Jelaskan perbedaan antara sumber energi yang dapat diperbarui dan sumber energi yang tidak dapat diperbarui!
    d. Mengapa kita harus mengurangi penggunaan sumber energi yang tidak dapat diperbarui?
    e. Berikan contoh pemanfaatan energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari!

  2. Perubahan Energi

    a. Sebutkan perubahan energi yang terjadi pada:

    *   Lampu yang menyala
    *   Kipas angin yang berputar
    *   Kompor yang digunakan untuk memasak
    *   Mobil yang berjalan

    b. Jelaskan bagaimana energi matahari dapat diubah menjadi energi listrik!
    c. Mengapa perubahan energi penting bagi kehidupan manusia?

  3. Menghemat Energi

    a. Sebutkan 5 cara menghemat energi di rumah!
    b. Sebutkan 3 cara menghemat energi di sekolah!
    c. Mengapa kita harus menghemat energi?
    d. Apa dampak positif dari menghemat energi bagi lingkungan?
    e. Buatlah poster yang berisi ajakan untuk menghemat energi!

READ  Contoh soal tematik kelas 4 tema 2 sub tema 3

D. IPS

  1. Sumber Daya Alam

    a. Sebutkan 3 contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui!
    b. Sebutkan 3 contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui!
    c. Bagaimana cara memanfaatkan sumber daya alam secara bijak?
    d. Apa dampak negatif dari eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan?
    e. Berikan contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan sumber daya alam!

  2. Kegiatan Ekonomi

    a. Sebutkan 3 contoh kegiatan produksi!
    b. Sebutkan 3 contoh kegiatan distribusi!
    c. Sebutkan 3 contoh kegiatan konsumsi!
    d. Bagaimana kegiatan ekonomi berkaitan dengan energi?
    e. Berikan contoh kegiatan ekonomi yang ramah lingkungan!

  3. Kerjasama

    a. Mengapa kerjasama penting dalam mengelola sumber daya alam?
    b. Berikan contoh kerjasama dalam menghemat energi di lingkungan sekolah!
    c. Bagaimana cara meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menghemat energi?
    d. Apa manfaat dari kerjasama dalam bidang energi?
    e. Buatlah rencana kegiatan kerjasama untuk menghemat energi di lingkungan rumahmu!

E. PPKn

  1. Hak dan Kewajiban

    a. Apa hak kita terhadap energi?
    b. Apa kewajiban kita terhadap energi?
    c. Bagaimana cara menyeimbangkan hak dan kewajiban dalam penggunaan energi?
    d. Apa yang akan terjadi jika kita tidak melaksanakan kewajiban dalam penggunaan energi?
    e. Berikan contoh perilaku yang mencerminkan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam penggunaan energi!

  2. Tanggung Jawab

    a. Apa tanggung jawab kita terhadap lingkungan dalam penggunaan energi?
    b. Bagaimana cara menunjukkan tanggung jawab kita dalam menghemat energi?
    c. Apa dampak positif dari perilaku bertanggung jawab dalam penggunaan energi?
    d. Apa dampak negatif dari perilaku tidak bertanggung jawab dalam penggunaan energi?
    e. Buatlah janji pada diri sendiri untuk selalu bertanggung jawab dalam penggunaan energi!

  3. Nilai-Nilai Pancasila

    a. Bagaimana nilai-nilai Pancasila berkaitan dengan penggunaan energi?
    b. Berikan contoh perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam penggunaan energi!
    c. Bagaimana cara menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan energi?
    d. Mengapa penting untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam penggunaan energi?
    e. Buatlah slogan yang berisi ajakan untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam penggunaan energi!

READ  Contoh Soal Tematik Kelas 4 Semester 1: Panduan Belajar Lengkap dengan Pembahasan

Penutup

Contoh soal tematik di atas hanyalah sebagian kecil dari berbagai kemungkinan soal yang dapat diberikan kepada siswa kelas 4 SD pada tema 2. Guru dapat mengembangkan soal-soal lain yang lebih kreatif dan inovatif, sesuai dengan karakteristik siswa dan lingkungan belajar. Penting untuk diingat bahwa tujuan utama dari pembelajaran tematik adalah untuk mengembangkan pemahaman siswa secara holistik dan integratif, serta mendorong mereka untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan memahami konsep-konsep dalam tema "Selalu Berhemat Energi" dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menjadi agen perubahan yang berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan dan menciptakan masa depan yang lebih baik.

admin
https://stakna.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *